Tekno  

Intel Menghentikan Produksi Chip Penambangan Cryptocurrency Blockscale

Intel pada hari Selasa mengatakan telah mulai menyelesaikan produksi chip penambangan cryptocurrency Blockscale generasi pertamanya. Pengumuman itu datang hanya sekitar satu tahun setelah pengenalan keluarga Blockscale 1000, menandai pergantian peristiwa yang cukup cepat untuk sebuah produk yang, pada suatu waktu, Intel berharap akan membiarkan mereka mengukir bisnis bernilai miliaran dolar.

Intel memulai proses akhir kehidupan untuk ASIC Seri-1000 Skala Blok (model 1120, 1140, dan 1160) pada 7 April 2023. Pelanggan yang sudah menggunakan chip ini harus memesan ASIC paling lambat 20 Oktober 2023, dan Intel akan mengirimkan produk-produk Blockscale finalnya ke klien sebelum 20 April 2024.

Khususnya, Intel menutup produksi keluarga Blockscale 1000 tanpa mengumumkan chip penerusnya. Sementara perusahaan telah mengkonfirmasi ke Perangkat Keras Tom Dan Reuters bahwa itu tidak sepenuhnya keluar dari bisnis ASIC penambangan cryptocurrency, mencatat bahwa mereka “terus memantau peluang pasar,” kurangnya penerus langsung biasanya menandai akhir jalan untuk lini produk yang kesulitan. Apalagi sekarang, karena Intel secara terbuka mempersempit fokus produknya dalam beberapa bulan terakhir.

“Karena kami memprioritaskan investasi kami di IDM 2.0, kami telah mengakhiri masa pakai Intel Blockscale 1000 Series ASIC sementara kami terus mendukung pelanggan Blockscale kami,” bunyi pernyataan perusahaan.

Secara tangensial, Perangkat Keras Tom mencatat bahwa saat ini Intel telah menghapus hampir semua halaman produk terkait Blockscale, yang pada dasarnya berarti Intel tidak lagi mempromosikan chip tersebut – dan sepertinya juga tidak berharap banyak pada pesanan baru.

Hive Blockchain adalah salah satu pengguna terbesar mesin berbasis Intel Blockscale, Hive BuzzMiners yang dirancang sendiri oleh perusahaan dan menjanjikan tingkat hash antara 110 TH/s dan 130 TH/s. Pada Januari 2023, perusahaan memesan produksi 5800 sistem seperti itu dan tidak jelas apakah akan ada lagi unit yang akan dibeli. Pelanggan Blockscale terkenal lainnya adalah Argo Blockchain, Block, dan GRIID Infrastructure. Perlu dicatat bahwa dari beberapa perincian publik tentang perjanjian pasokan Intel dengan pelanggan ini, pesanan awal GRIID untuk perangkat keras Blockscale Intel ditetapkan untuk diselesaikan pada bulan Mei tahun ini, yang sejalan dengan keputusan Intel untuk menghentikan bisnis.

Pertama kali diperkenalkan secara informal oleh Intel pada awal tahun 2022 pada konferensi tahunan ISSCC sebagai “Tambang Bonanza”, chip akselerator SHA-256 Blockscale Intel dikembangkan oleh Intel’s Custom Compute Group, yang merupakan bagian dari Accelerated Computing Group (AXG) yang sekarang bercabang. Tampaknya, tidak akan ada lagi AXG dan Blockscale di Intel. Sementara itu, Intel telah memberhentikan cukup banyak bisnis sejak Pat Gelsinger kembali ke perusahaan dan diangkat menjadi CEO pada awal 2021.

Antara lain, Intel mendivestasikan produksi memori 3D NAND dan pengoperasian SSD, pengembangan Optane SSD dan 3D XPoint, bisnis modem laptop, unit pengalih Barefoot, dan bisnis server siap pakai. Ini adalah bagian dari strategi yang lebih besar untuk berkonsentrasi pada sejumlah kecil bisnis inti di mana Intel memiliki pengaruh yang lebih tinggi dan dapat mencapai margin keuntungan yang lebih tinggi.

Sumber: Perangkat Keras Tom & Reuters

Respon (1)

  1. Actuaⅼly when someone doesn’t ᥙnderstand afterward its up to other visіtors
    that theʏ will help, so herе it takes place.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *